Silabus

SILABUS MATA KULIAH PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

 A.  KELOMPOK BERKODE STP

  1. 1.      STP-101 : Pendidikan Pancasila  2 (2-0)

Perumusan Pancasila, hubungan dengan UUD 1945, makna Pancasila sebagai falsafah dan ideology negara, sila-sila Pancasila, P4 dan UUD 1995.

  1. STP-103 : Pendidikan Agama 2 (2-0)

Pengertian agama , tujuan mempelajari agama, tentang mahluk dan Khalik, risalah, rasullulah, wahyu dan sunnah rasul, tentang arkanul islam, iman Akhlak dan ibadah.

3. STP-104 : Bahasa Indonesia 2 (2-0)

Logika bahasa, struktur bahasa, morfologi, sintaksis dan semantic, ragam ejaan, pemilihan kata dan sinonim, efeksi, prinsip-prinsip penyusunan karya tulis.

  1. 4.      STP-302 : Kewiraan 2 (2-0)

Pengantar  pendidikan kewiraan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional, politik dan strategi hankam dan system hankamrata.

  1. 5.      STP-102 : Ilmu Sosial Dasar 2 (2-0)

Pemahaman dan penerapan ilmu sosial dan pembangunan pertanian, perubahan sosial di pedesaan.

  1. 6.      STP-105 : Metode Ilmiah 2 (2-0)

Membahas mengenai filsafat ilmiah dan berbagai langkah ilmiah untuk mendapatkan informasi dari suatu fenomena baik sosial maupun yang bukan, kaidah-kaidah yang biasanya dipenuhi dalam  metode ilmiah . Pembahasan metode ilmiah untuk permasalahan yang erat kaitannya dengan berbagai masalah dibahas dalam kerangka riset terintegrasi. Tehnik riset aksi (actions research) dibahas dalam kuliah ini.

  1. 7.      STP-106 : Biologi  4 (3-1)

Aneka ragam mahluk hidup, pemilihan dan tatanama, organisasi kehidupan, pola biosfer, struktur sel, jaringan dan organ, system bioenergi, reproduksi dan hereditas, evolusi mahluk hidup.

  1. 8.      STP – 109 : Matematika 1 2 (2-0)

Sistim dan konsep matematika, persamaan Aljabar, gugus hubungan dan fungsi, limit integral.

  1. 9.      STP – 111 :  Kimia Dasar 1 (Anorganik) 3(2-1)

Perhitungan Kimia, Kooefisien reaksi, larutan dan konsentrasi, teori atom, reduksi dan oksidasi, ikatan kimia, keseimbangan kimia, asam dan basa, sifat kolegatif, termodinamika, kimia dan keradioaktifan.

  1. 10.  STP – 107 : Fisika Dasar 4 (3-1)

Energi, tumbukan dan rotasi, elastisitas, cahaya, termodinamika, kistrik dan magnet.

  1. 11.  STP – 108 : Matematika II 2 (2-0)

Differensial, vector, matrik, determinan dan persamaan linier

 

  1. 12.  STP – 110 : KImia Dasar II 3 (2-1)

Sifat senyawa organic, geometri molekul, Isomer struktur, pemilihan senyawa organic, hidrokarbon dan turunannya, karbohidrat, lipida, protein, enzim, vitamin, hormone, racun dan obat-obatan.

  1. 13.  STP – 112 : Pengantar Ilmu Ekonomi 2 (2-0)

Pengantar Ilmu Ekonomi, permasalahan ekonomi, konsep dasar dan analisis, ilmu ekonomi, sistim harga dalam ekonomi pasar, permintaan dan penawaran komoditi dan elastisitasnya, teori dan tingkah laku konsumen, biaya dan penentuan harga dalam beberapa bentuk pasar, pengukuran pendapatan nasional, kebijakan fiscal dan kebijakan moneter, sifat pengangguran dan inflasi.

  1. 14.  STP – 205 : Stastika 3 (3-0)

Pengumpulan dan penataan data, frekwensi, ukuran pemusatan dan penyebaran, populasi dan contoh, fungsi dan korelasi.

  1. 15.  STP – 203 : Dasar-dasar Manajemen 2 (2-0)

Pengertian manajemen, fungsi dan metode manajemen, proses manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, tatalaksana dan pengawasan praktek manajemen, modal sistim manajemen.

  1. 16.  STP – 113 : Bahasa Inggris I 2 (2-0)

Penguasaan susunan kalimat dari 2.000 – 3.000 kata, latihan tata bahasa, penggunaan kata dan ungkapan secara lisan dan tulisan.

  1. 17.  STP – 301 : Kewirausahaan 3 (2-1)

Mempelajari pengertian dan batasan wirausaha, sosok dan jati diri wirausaha, tantangan-tantangan dan peluang berwirausaha, cara berwirausaha secara rasional, teladan, profil usaha. Wirausaha : Pengertian dan ruang lingkup ekonomi sumber daya, masalah-masalah dalam pengelolaan dan manfaat sumber daya alam, alokasi sumber daya optimal dalam kaitannya dengan pembangunan ekonomi.

  1. 18.  STP – 115 : Komunikasi 2 (2-0)

Pengertian komunikasi, strategi komunikasi, komunikasi dan pendidikan, komunikasi dan pembangunan, berbicara sebagai keterampilan berkomunikasi, pemyuluhan pertanian.

19. STP – 114 : Bahasa Inggris II 2 (2-0)

Penguasaan susunan kalimat lebih dari 2.000 – 3.000 kata, latihan tata bahasa, penggunaan kata dan ungkapan secara lisan dan tulisan.

  1. 20.  STP – 116 : Aplikasi Komputer 2 (1-1)

Mempelajari sejarah, perkembangan tehnologi computer baik perangkat kerja maupun  perangkat lunak. Identifikasi masalah dan perumusan logaritma dan aplikasi computer.

  1. 21.  STP – 203 : Dasar-dasar Perlindungan Tanaman 3 (2-1)

Pengertianhamadan enyakit, jenis organismehamadan penyakit tumbuhan serta morfologi, klasifikasi, biologi dan geologi dan cara pengendaliannya.

 

  1. 22.  STP -201 : Dasar – dasar Agroteknologi  3 (2-1)

Asal dan aspek tanaman, hubungan tanaman dan lingkungan (biotic dan abiotik serta usaha pengendalian lingkungan tanaman, produksi, strategi, mencapai produksi maximum. Pratikum : Potensi dan produksi pertanian, sarana dan mesin pertanian, tumbuh, perbanyakan tanaman melalui modifikasi (generatif dan vegetatif ), upaya konservasi tanah, pengujian benih.

  1. 23.  STP – 211 : Sosiologi Pedesaan 2 (2-0)

Pengertian sosiologi pedesaan, sejarah timbulnya sosiologi pedesaan, pola kebudayaan, proses sosial dan kelembagaan sosial, sistim status dan pelapisan masyarakat, pola komunikasi sosial, pola adopsi dan perubahan sosial, urbanisasi.

  1. 24.  STP – 213 : Dasar –dasar ilmu tanah 3 (2-1)

Pengertian tanah, pembentukan dan klasifikasi tanah, beberapa sifat fisik tanah mineral, organisme tanah, bahan organic tanah, air, udara, suhu tanah, kimia tanah, pengadaan dan tersedianya unsure hara dalam tanah mineral, nitrogen, Fosfor, kalium, kalsium, magnesium, sulfur, dan unsure hara mikro, pengawetan tanah dan air, pemupukan, pengolahan tanah dan lingkungan.

  1. 25.   STP – 117 : Pengantar Ilmu Pertanian 2 (2-0)

Pengertian dan sejarah perkembangan pertanian, ciri dan proses pertanian, perkembangan ilmu pertanian, perkembangan ekonomi pertanian, kebutuhan pangan dan penduduk bidang pertanian dalam pembangunanIndonesia, peranan pertanian dalam pelestarian lingkungan.

  1. 26.  STP – 118 : Klimatologi Dasar 2 (2-0)

UNsur-unsur iklim (Radiasi sinar matahari, suhu, kelembaban udara, tekanan udara dan prefiksi ), pemilihan iklim (Iklim di Indonesia), siklus air, atmosfir bumi evaporasi dan evapotranspirasi.

  1. 27.  STP – 209 : Ekonomi Pertanian 2 (2-0)

Batas dan ruang lingkup ekonomi pertanian, ekonomi pertanian di Indonesia, aspek sumber daya, kelembagaan dan penunjang pembangunan dan pertanian, prinsip ekonomi dan usahatani, permintaan dan penawaran, pemasaran hasil-hasil pertanian, teori pembangunan pertanian, kebijaksanaan pertanian.

  1. 28.  STP – 202 : Pengantar Agribisnis 2 (2-0)

Pengertian dan ruang lingkup agribisnis, perkembangan dan peranan agribisnis di Indonesia, Pendekatan agribisnis Dalam Repelita VI, potensi dan kendala pengembangan agribisnis, aspek-aspek penentu dalam pengembangan agribisnis dan beberapa kebijaksanaan dalam pengembangan agribisnis.

  1. 29.  STP – 402 : Kuliah Kerja Nyata 4 (4-0)

Kegiatan akademik yang termasuk bidang pengabdian pada masyarakat dimana kegiatan ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa program S1.

  1. 30.  STP – 404 : Skripsi 5 (5-0)

 

  1. B.     KELOMPOK BERKODE SEP
  1. SEP – 215 : Ekonomi Mikro 3 (3 – 0)

Pengertian dasar, aktivitas ekonomi dan teori harga, teori kosumsi dengan pendekatan fungsi kegunaan dan kurva ideferen, teori produksi, bentuk-bentuk fungsi penawaran dan permintaan dan bentuk-bentuk pasar dan kurvanya sehubungan dengan permintaan dan penawaran

  1. SEP – 204 : Ekonomi Makro 3 (3 – 0)

Pengertian dasar ekonomi makro, analisis pendapatan nasional, GNP, teori model ekonomi makro, teori kosumsi dan fungsi tabungan, kesempatan kerja nasional, harga-harga yang berhubungan dengan permasalahan kebijakan moneter, inflasi, pasar uang dan pertumbuhan ekonomi makro.

  1. SEP – 206 : Tata Niaga Pertanian 3 (3 – 0)

Pengertian tata niaga, Perkembangan ilmu tata niaga, pengertian konsumen dan produsen pertanian, fungsi, lembaga dan rantai tata niaga, sistem analisis dan organisasi pasar dan dasar-dasar penetapan harga, strategi pemasaran dan kekuatan tawar-menawar komoditi pertanian.

  1. SEP – 208 : Koperasi Pertanian 3 (2 – 1)

Pengertian, sejarah, tujuan dan beberapa bentuk koperasi, keanggotaan, kelembagaan, permodalan usaha, administrasi dan manajemen koperasi, strategi dan pembinaan koperasi di Negara-negara maju dan kebijaksanaan koperasi diIndonesiaserta perkembangannya.

  1. SEP – 210 : Dasar-dasar Akuntansi 2 (2 – 0)

Pengertian akuntansi, kegunaannya bagi perusahaan umum, perusahaan agribisnis, agroindustri dan bagi organisasi, memahami model-model akuntansi, cara pengukuran/perhitungan akuntansi dan bentuk-bentuk laporan akuntansi.

  1. SEP- 212 : Dasar-dasar Penyuluhan Pertanian 3 (2 – 1)

Peranan penyuluhan dalam pembangunan pertanian, falsafah penyuluhan, prinsip-prinsip penyuluhan pertanian. Pengertian komunikasi, macam-macam komunikasi dan kendala-kendala dalam komunikasi. Proses komunikasi dan proses difusi, proses adopsi, penggolongan adopter dan beberapa faktor yang mempengeruhi proses adopsi. Unsur-unsur penyuluhan pertanian.

  1. SEP – 214 : Mete-matika Ekonomi 3 (3-0)

Pendekatan matematik dan dasar-dasar matematika untuk ilmu ekonomi, model ekonomi, persamaan linier dan sistim persamaan linier, aljabar matrik, deferensial, optimasi dengan dan tanpa kendala dan integrasi.

  1. SEP – 216 : Pengantar Ilmu Kependudukan 2 (2-0)

Pengertian ilmu demografi dan ilmu kependudukan, variable-variabel penentu perkembangan penduduk, kelahiran, kematian dan migrasi. Pengukuran dasar dalam demografi, angkatan kerja dan kesempatan kerja, prinsip-prinsip dalam proyeksi penduduk, penduduk dan faktor sosial ekonomi dan lingkungan serta kebijaksanaan kependudukan.

9.   SEP – 303 : Ilmu Usaha Tani 3 (2-1)

Memberi pengertian dasar tentang usahatani beserta batasan tujuan dan ruang lingkupnya. Memahami kedudukan usahatani dalam struktur agribisnis dan faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan sistem usahatani. Memahami fungsi-fungsi dan pengetahuan  yang diperlukan dalam pengelolaan usahatani. Menguasai metode perencanaan dan alat-alat analisis untuk mengukur keragaman usahatani dan menemukan alternative pemecahan masalah.

  1. SEP – 305 : Manajemen Tata Niaga 2 (2-0)

Cara-cara mengelolah pemasaran pada perusahaan pertanian dan agribisnis mulai dari merencanakan, mengorganisasikan dan mengawasi pemasaran. Pembahasan dimulai dari analisis lingkungan, segmentasi, penetrasi dan penempatan posisi dalam persaingan serta strategi pemasaran pada penetapan kuantitas produk, harga promosi dan distribusi.

  1. SEP – 307 : Akuntansi Biaya 2 (2-0)

Defenisi dan fungsi akuntansi biaya, metode pengumpulan biaya-biaya dalam perusahaan , metode penentuan harga pokok produk perusahaan dan harga produk pesanan, harga pokok perusahaan yang menghasilkan satu jenis produk atau lebih, biaya overhead pabrik satu jenis produk atau lebih, biaya bahan dan biaya tenaga kerja.

  1. SEP – 309 : Ekonomi Manajerial 2 (2-0)

Sifat dan ruang lingkup ekonomi manajerial. Tehnik-tehnik analisis tehnik optimasi, analisis resiko dan tehnik estimasi. Analisis permintaan, teori permintaan, estimasi permintaan dan peramalan permintaan. Analisis produksi dan biaya teori dan estimasi produksi, teori dan estimasi biaya. Struktur pasar dan praktek-praktek penentuan harga. Regulasi, perdagangan modal (Capital budgeting), analisis biaya manfaat dan manajemen sektor public.

  1. SEP – 311 : Ekonometrika 3 (3-0)

Pengertian ekonometrika, fungsi dan masalah spesifikasi model ekonometrika, model regresi sederhana, estimasi dan interpretasi, multicolinieritas, heteroskedastisitas.

  1. SEP – 313 : Evaluasi Proyek 3 (3-0)

Pengertian tentang proyek-proyek pertanian dan agroindustri, identifikasi biaya dan manfaat proyek, penilaian biaya dan manfaat proyek secara financial, analisis investasi pada usahatani, analisis financial agroindustri, dampak proyek tehadap penerimaan dan pengeluaran pemerintah, penerimaan biaya dan manfaat proyek secara ekonomi (sosial), agregasi neraca proyek, perbandingan biaya dan manfaat proyek (Kriteria investasi), analisissensitivitas dan pemilihan alternative proyek, analisis dampak multiplier dan eksternalitas suatu proyek, penyiapan studi kelayakan proyek pertanian dan agroindustri.

  1. SEP – 315 : Metode Penelitian Sosial 3 (3-0)

Lingkup penelitian bidang sosial dan ekonomi pertanian, sikap ilmiah dan etika penelitian, pengertian penelitian dan ilmu pengetahuan, pemilihan masalah, perumusan tujuan, hipotesis dan perencanaan penelitian, berbagai metode penelitian, penentuan sampel, pengukuran dan pengumpulan data, analisis dan pengujian hipotesis, cara penyusunan dan penulisan hasil penelitian.

 

  1. SEP – 304 : Perancangan Percobaan 3 (2-1)

Menjelaskan survey sebagai metode penelitian  dalam sosial ekonomi pertanian, definisi survey, pembuatan kuesioner dan teknik wawancara, pengambilan sampling, simple random sampling, sistematik sampling, stratified random sampling dan cluster sampling.

  1. SEP – 306 : Manajemen Agribisnis 3 (2 – 1)

Pengertian, agribisnis sebagai suatu sistem dan penerapan sebagai kerangka analisis, permasalahan dalam agroindustri, analisis beberapa faktor biaya dan organisasi pengadaan bahan baku, dasar perencanaan produksi dan agribisnis, dasar kaji kelola dalam kegiatan agribisnis, dasar-dasar manajemen keuangan dan sumber daya agribisnis.

  1. SEP – 3308 : Manajemen Manajerial 2 (2 – 0)

Pengertian dan proses manajemen serta tentang interprestasi manajerial, perencanaan, efektivitas perencanaan, proses perencanaan strategi serta metode perencanaan zopp, aspek pembentukan staf dikaitkan dengan konsep otoritas dan wewenang staf serta kinerja kelompok dan penataan staf, aspek penataan direksional, konsep hakekat dan pola kepemimpinan sesuai dengan motivasi dan prestasi kerja yang ada, aspek pengendalian/control, metode pengendalian efektif menurut tingkat dan titik pengendalian strategi.

  1. SEP – 310 : Akuntansi Manajemen 2 (2 – 0)

Prinsip-prinsip akuntansi dan permasalahannya dalam pengawasan dan perencanaan kebijakan dan operasi usaha, neraca usaha dan laporan rugi laba, analisis keragaman dan keuntungan usaha analisis cash flow, pengawasan budget dan pembayaran cabang  usaha dan analisa investasi.

  1. SEP – 312 : Riset Operasi 3 (3 – 0)

Pembentukan model bagi pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengendalian, beberapa pemecahan pengolahan data persoalan program linier dengan komputer dan pengolahan data hasil penelitian uji statistic lainnya dengan komputer, analisis sentivitas, teori dual, persoalan transportasi dan interprestasi hasil pengolahan data penelitian dengan komputer.

  1. SEP – 320 : Praktek Sosial Ekonomi 2 (0 – 2)

Topik akan disesuaikan dengan masalah-masalah sosial ekonomi pertanian yang sedang hangat dibicarakan (aktual)/ dihadapi oleh petani, pemasaran pertanian, penyuluhan pertanian dan usahatani (pertanian rakyat dan perusahaan pertanian)

  1. SEP – 321 : Manajemen Sumber Daya Manusia 2 (2 – 0)

Pengertian manajemen personalia dan hubungan kerja industrial, analisis jabatan dan kebutuhan karyawan, pemilihan, pengangkatan dan penempatan karyawan, pelatihan karyawan, penilaian prestasi kerja, konpensasi kerja  dan jabatan, penentuan insentif kerja, meningkatkan motivasi kerja, keselamatan dan lingkungan kerja karyawan, manajemen konflik, pemogokan hubungan kerja, serikat kerja karyawan, dan hubungan kerja industrial pancasila.

 

 

 

 

  1. SEP – 403 : Statistik Non-Parametrik 3 (3 – 0)

Pembahasan akan ditekan pada metode statistic induktif (pengertian, lingkup dan dasar teori). Metode-metode yang akan dibahas dalam hal ini antara lain adaloah uji Chi-square, uji median, ui tanda, uji jenjang bertanda Wilcoxon, uji jumlah jenjang Wilcoxon, uji jenjang Spearman, dan sebagainya. Juga dibahas aplikasi pemakaian uji ini dalam penelitian sosial ekonomi pertanian.

  1. SEP – 407 : Studi Lapang/Magang 2 (0 – 2)

Kegiatan studi lapang/magang akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan/tempat dimana mahasiswa akan melakukan kegiatannya. Kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa lebih mengenali suasana/kondisi kerja sebenarnya.

  1. SEP – 409 : Seminar Akademik 1 (0 – 1)

Topik akan disesuaikan dengan masalah-masalah yang sedang hangat dibicarakan (actual) yang berhubungan dengan sosial ekonomi petani, pembangunan pertanian dan pedesaan, pemasaran pertanian, penyuluhan pertanian dan usahatani (pertanian rakyat dan perusahaan pertanian).

  1. SEP – 405 : Teknik Penulisan Ilmiah 1 (1 – 0)

Membahas ciri tulisan ilmiah : keobjektifan, kebenaran serta folucy penalaran : deduksi, induksi, analogi, interprestasi, ekstrapolasi, percobaan (experiment) observasi. Beberapa kesulitan : permasalahan, koleksi data. Komposisi : kalimat, alenia, tanda baca. Argumen dan jalan pikiran.

  1. SEP – 316 : Perdagangan Internasional  2 (2 – 0)

Arti peranan  dan ruang lingkup perdagangan internasional, teori biaya komperatif produksi dan perdagangan internasional , kosumsi dan perdagangan internasional, keseimbangan perdagangan internasional, pengaruh perdagangan internasional, pengaruh perdagangan internasional terhadap faktor-faktor produksi, pertumbuhan ekonomi dan perdagangtan internasional, aspek kesejahteraan dalam perdagangan internasional.

  1. SEP – 318 : Ekonomi Sumber Daya Alam 2 (2 – 0)

Bahasan mengenai pengertian dan ruang lingkup ekonomi sumber daya , masalah-masalah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam , sifat sumber daya alami (dapat pulih dan tidak dapat pulih) , alokasi sumber daya alam yang optimal dan kaitannya dengan pembangunan ekonomi.

  1. SEP – 320 : Politik Pertanian 3 (3 – 0)

Bahasan mengenai definisi dan politik pertanian, pendekatan suatu kebijaksanaan-kebijaksanaan mencapai tujuan. Golongan kebijakan di bidang pertanian. Beberapa pengertian yang erat hubungannya dengan pertanian. Beberapa bentuk kebijakan :

  1. Kebijakan di bidang produksi pertanian
  2. Kebijakan harga hasil pertanian
  3. Kebijakan pemerintah mengatur penyediaan bahan pangan (beras)
  4. Kebijakan pengaturan dan pengadaan sistem perkreditan
  5. Kebijakan di bidang perkreditan pertanian
  6. Kebijakan pengaturan pengelolaan tataniaga hasil pertanian
  7. Kebijakan masalah ketenagakerjaan di pedesaan
  1. SEP – 322 : Dasar-dasar AMDAL 2 (2 – 0)

Latar  belakang AMDAL, pembangunan dan dampaknya, arti dan peranan AMDAL, beberapa metode dalam AMDAL, penyusunan AMDAL, rencana pengelolaan lingkungan, rencana pemantauan lingkungan dan tugas lapangan,

  1. SEP – 324 : Agroforestry 3 (2 – 1)

Pembahasan mengenai konsep, definisi dan klasifikasi agroforestry, pembahasan mengenai perkembangan agroforestry. Dasar-dasar teknik agroforestry yang berkaitan dengan aspek ternak , konservasi tanah, sosial ekonomi, persaingan tanaman dalam memanfaatkan mikroeklim, unsure hara, air dan ruang. Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan agroforestry serta hambatan dalam pelaksanaannya.

  1. SEP – 331 : Pembiayaan Perusahaan Pertanian 3 (3 – 0)

Pengertian dan istilah pembiayaan serta hubungan dengan prinsip ekonomi. Sejarah perkembangan ilmu biaya, modal dan lembaga permodalan dalam hubungannya dengan penyediaan pemakaian di sektor pertanian. Resiko perusahaan, resiko kerja, dan resiko keuangan dalam manajemen pembiayaan perusahaan.

  1. SEP – 332 : Analisis Harga 3 (3 – 0)

Ruang lingkup analisis harga, karekteristik harga-harga produk pertanian, fungsi harga, penawaran dan permintaan, pembentukan harga dan variasinya, peranan pemerintah dalam pembentukan harga.

  1. SEP – 333 : Dinamika Pembangunan Pedesaan 2 (2 – 0)

Pengertian dan pentingnya pembangunan masyarakat desa. Teori dinamis dan beberapa prinsip tentang pembangunan desa. Pendekatan pembangunan masyarakat desa dan memasyarakatkan ide pembangunan. Sistem hubungan ketergantungan pembangunan pedesaan. Hubungan pemuda, pendidikan, dan partisipasi dengan pembangunan pedesaan. Perlunya pembangunan pedesaan terpadu.

  1. SEP – 334 : Psikologi Sosial 2 (2 – 0)

Pengertian, sejarah, obyek psikologi sosial, aspek psikologi sosial dari interaksi sosial, kelompok sosial dan sikap sosial, kepemimpinan, dinamika sosial, masalah-masalah psikologi sosial, pengaruh masyarakat terhadap perkembangan sosial.

  1. SEP – 335 : Sistim Informasi  Manajemen 3 (2 – 1 )

Pengertian sistim, manajemen,informasi dan sistim manajemen informasi, konsep informasi, konsep sistim dan sub sistim informasi bantuan sistim informasi pada perencanaan dan pengendalian, sistim informasi pada pengambilan keputusan dan organisasi sistim informasi.

  1. SEP – 336 : Manajemen Produksi 3 (2 – 1)

Penjelasan cara-cara pengelolaan produksi mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, koordinasi, dan pengawasan produksi, tujuan produksi yang tepat waktu, jumlah dan kualitas dengan biaya yang efisien mungkin

Tinggalkan Balasan

Connect with:

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>